Kamis, 20 April 2017

What are ways to help improve self-esteem?



OP: Aku adalah seseorang yang memiliki self-esteem yang sangat rendah. Apabila ada sesuatu terjadi, aku selalu merasa seperti aku telah melakukan sesuatu yang salah. Jika seseorang tidak menerima teleponku, aku merasa telah melakukan sesuatu yang buruk. Jika aku membuat kesalahan, aku akan merasa seperti sampah dan memilih untuk menyalahkan diri sendiri. Lalu aku akan merasa nervous jika aku mabuk dan tidak tahu persis apa yang telah aku lakukan.

Aku mendatangi seorang terapis dan ia berkata kepadaku, "Setelah kamu sadar dari mabuk, jangan terlalu fokus pada kesalahan yang mungkin telah kamu lakukan yang menyebabkan kamu mabuk. Sebaliknya, yang harus kamu pikirkan adalah alasan mengapa kamu mabuk. Kamu harus berpikir seperti, 'Ah, pada hari itu aku merasa tidak nyaman jadi aku banyak minum alkohol.' Dengan memperhatikan emosimu sendiri, kamu tidak akan menyalahkan diri sendiri."


Setelah aku mendengar kata-kata itu, aku menyadari betapa aku terlalu fokus memikirkan perasaan orang lain dan kejadian di sekitar mereka alih-alih perasaanku sendiri.

Tidak mudah menjadi percaya diri pada diri sendiri, tapi secara bertahap aku bekerja keras untuk mencapai tujuan itu !!

Komentar:

- Aku membaca ini setiap hari:
"Ada dua cara untuk menjalani hidup dengan nyaman, yang pertama yaitu jangan takut untuk mengatakan tidak, kamu harus bisa mengatakan tidak jika kamu tidak ingin melakukannya. Yang kedua adalah agar tidak terluka saat seseorang telah menolak (tidak sependapat) denganmu. Harga dirimu tidak akan jatuh hanya karena orang lain tidak menyukaimu ... terutama kata-kata, 'Kamu tidak cantik', 'Kamu tidak memiliki pesona apapun', Kamu harus mengatasi ini dengan berpikir, 'OK, itukan cuma pendapatmu.' Banyak wanita berjuang dengan cara ini ... Aku sendiri mengalami kesulitan dengan hal ini, tapi jika kamu memikirkannya lagi, disukai semua orang bukanlah hal yang terlalu penting. "

- Kapan pun aku mulai khawatir atau memikirkan apakah aku telah membuat kesalahan .. aku akan berteriak, "F*CK IT SO WHAT" di kepalaku untuk menghentikan pikiran itu. Ini seperti halnya berpikir 'Aku sudah terlanjur melakukannya, jadi apa yang bisa aku lakukan?' (T/N: Nasi telah menjadi bubur). Namun dengan tekanan yang lebih besar, "F*CK IT, SO WHAT". Ini akan mengangkat beban berat dari pundakku.

- Jika ada sesuatu yang tidak sesuai untukmu atau kamu tidak benar-benar yakin akan sesuatu, pikirkan saja "Seperti yang sudah kuduga, itu karena aku sangat imut." Kita semua adalah orang yang imut.

- Aku adalah karakter utama dalam hidupku

- Selalu memikirkan hal positif!

- Jangan fokus terlalu banyak pada hubungan sosial.

- Aku mencoba berpakaian bagus dan memakai make up saat aku keluar

- Aku hanya memikirkan hal-hal baik, dan jika tidak, aku menulis perasaanku di buku catatan untuk meringankan pikiranku.

- Aku menjalani hidupku sambil berpikir bahwa AKU ADALAH YANG TERBAIK.

- Sebagai seorang psikolog, masalah paling umum yang aku dengar dari orang-orang adalah bahwa mereka memiliki self-esteem yang rendah. Aku perlu mengatakan hal ini. Beberapa orang percaya itu adalah kesalahan mereka sendiri karena mereka memiliki self-esteem yang rendah tapi kenyatannya hampir di setiap kasus, hal tersebut adalah kesalahan orang lain. Alih-alih mencoba mengubah perasaanmu sendiri, aku pikir kita perlu memperbaiki bagaimana cara orang-orang memperlakukan satu sama lain. Kita perlu mengubah dunia di mana orang-orang menilai orang lain dengan standar yang berlebihan dan kejam bahkan ketika teman-teman mencoba membuat lelucon dengan menyakiti orang lain. Kamu perlu menjalani hidupmu sendiri dan tidak menjalaninya dengan mencoba menyesuaikan diri dengan standar orang lain.

Original Post: Daum
English Post: Inkigeul


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What are ways to help improve self-esteem?

OP: Aku adalah seseorang yang memiliki self-esteem yang sangat rendah. Apabila ada sesuatu terjadi, aku selalu merasa seperti aku telah...